3 Penyebab Kolesterol Tinggi, Salah Satu Biang Penyakit Jantung

Artis Rony Dozer meninggal pada 12 November 2021, dalam kondisi duduk di teras rumahnya. Sebelum berpulang, Rony sempat mengeluh sesak napas dan kolesterol tinggi.

Kolesterol merupakan lemak yang berguna bagi tubuh. Namun jika kadar kolesterol tubuh terlalu tinggi, maka akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah.

Kolesterol merupakan salah satu zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati. Namun kolesterol juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu. Meski penting bagi tubuh, kolesterol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi.

Kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan penyakit arteri koroner atau awam mengenalnya sebagai penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak kolesterol yang masuk dalam darah sehingga membentuk plak. Penumpukan plak ini dikenal juga dengan anterosklerosis.

Menguti dari Healthline, beberapa penyebab kolesterol tinggi di antaranya yaitu:

1. Mengonsumsi makanan tinggi kolesterolMengonsumsi banyak makanan yang mengandung lemak jenuh, dan lemak trans dapat meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi. Faktor lain yang dapat berkontribusi meningkatkan kolesterol adalah merokok.

2. GenetikKolesterol tinggi dapat dipicu oleh perubahan atau mutasi sejumlah gen, yang diturunkan dari kedua orang tua. Mutasi gen ini membuat tubuh tidak bisa membuang kolesterol dari dalam darah. Namun, kolesterol tinggi akibat faktor genetik lebih jarang terjadi bila dibandingkan dengan dua faktor sebelumnya.

3. Hiperkolesterolemia familialKolesterol tinggi bisa disebabkan oleh Hiperkolesterolemia familial. Kelainan ini mencegah tubuh mengeluarkan Low-Density Lipoprotein (LDL) yang berfungsi untuk membawa kolesterol ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri.

WINDA OKTAVIA

Sebelum berpulang, Rony Dozer sempat mengeluhkan sesak napas dan kolesterol tinggi. Apa saja penyebab kolesterol tinggi ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.