7 Alternatif Cari Modal Usaha Yang Dapat Dicoba

Cari Modal Usaha

Banyak orang yang tertarik untuk mulai menjalankan sebuah bisnis, namun juga sebagaimana yang diketahui selain keinginan maka bisnis juga butuh modal. Sedangkan tidak semua jenis bisnis membutuhkan modal yang kecil, banyak diantaranya yang justru membutuhkan modal besar. Karena ketiadaan modal inilah yang kemudian membuat banyak orang mengurungkan niatnya untuk mulai usaha. Padahal jika sudah ada niat tetap banyak cara untuk cari modal usaha yang dapat dicoba.

 

Modal usaha sendiri sebenarnya adalah sejumlah materi dasar atau penting yang dibutuhkan seorang pelaku usaha untuk memulai bisnisnya. Tentunya semakin besar bidang bisnis yang ingin dijalankan, maka membutuhkan jumlah modal yang semakin besar pula bukan. Modal ini bisa didapatkan dengan berbagai cara, berikut ini ada beberapa alternatif cari modal usaha yang bisa Anda lakukan, yaitu:

 

  1. Manfaatkan uang tabungan, sebelum bergerak meminjam uang ke bank ataupun lembaga keuangan yang lain. Maka hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan melihat tabungan pribadi. Tak masalah menggunakan uang tabungan ini, toh nantinya uang tersebut juga akan diputar untuk menghasilkan sumber pemasukan lain bagi keluarga. Justru lebih aman menggunakan uang pribadi dibandingkan dengan pinjaman, karena belum tentu bisnis yang dijalankan tersebut langsung sukses.

 

  1. Jual aset yang dimiliki, jika tidak ada tabungan maka cobalah melirik aset yang dimiliki, misalnya ada kendaraan yang tidak terpakai, tak ada salahnya juga untuk Anda jual sebagai modal, bisa juga dengan menjual perhiasan maupun beberapa benda berharga lain, dimana mungkin barang-barang berharga tersebut memang belum terlalu Anda butuhkan pada saat ini. Sehingga dapat digunakan untuk menjadi modal.

 

  1. Cari relasi bisnis ataupun investor, mungkin bisnis yang Anda jalani tersebut punya potensi yang bagus untuk masa depan, sehingga dapat membuat proposal rencana bisnisnya terlebih dahulu. Siapa tahu ada yang tertarik menjalin relasi dengan Anda atau bahkan sebagai investor yang nantinya akan mendanai bisnis tersebut. Sehingga beban untuk modal yang harus ditanggung sendiri tidak begitu besar.

 

  1. Pinjam ke bank, lembaga keuangan yang satu ini juga dapat Anda jadikan sebagai tujuan dalam mendapatkan modal usaha. Apalagi jika seandainya berbicara mengenai produk pinjaman dari bank ada banyak sekali, termasuk diantaranya adalah yang fokus untuk pinjaman modal bisnis juga tersedia.

 

  1. Gadaikan barang berharga, jika Anda tidak ingin menjual barang berharga yang dimiliki, maka cukup digadaikan saja ke Pegadaian atau mungkin beberapa lembaga pembiayaan yang lainnya, karena di Indonesia sendiri juga ada banyak pilihannya. Namun harus benar-benar diperhatikan nilai yang mereka tawarkan, apakah sebanding dengan harga barang tersebut ataukah tidak.

 

  1. Ajukan pinjaman secara online, kini ada banyak fintech yang menawarkan produk pinjaman berbasis online, nyatanya hal ini juga tak kalah menarik untuk dicoba, apalagi jika dilihat juga tak jarang yang menawarkan plafon pinjaman dalam jumlah yang besar, tentunya bisa dijadikan sebagai alternatif tambahan modal untuk usaha bukan.

 

  1. Ajukan pinjaman di Moladin Finance (MOFI), ini merupakan salah satu layanan keuangan dari Moladin yang memberikan Anda uang pinjaman dengan jaminan BPKB kendaraan, bisa kendaraan roda dua maupun roda empat. Tak perlu khawatir karena bunganya rendah ditambah lagi tenornya yang panjang.

 

Banyak bukan pilihan tempat untuk cari modal usaha, tak perlu ragu karena mental yang harus dimiliki seorang pengusaha tak lain adalah harus berani ambil resiko.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *