Fungsi dan Jenis Proxy Server

Proxy server adalah sebuah perang komputer yang memiliki sistem kerja seperti komputer. Sistem tersebut nantinya akan menjadi perantara bagi penggunya saat mengakses internet ke server tujuan. Tentunya anda harus melalui server terlebih dahulu sebelum mengakses internet untuk mencari suatu yang dituju.

Nah server tersebutlah yang nantinya akan memberikan anda informasi mengenai apa yang dicari. Dengan adanya web proxy site, anda dapat mengakses internet kapan saja dan pastinya lebih aman. Nah kebetulan pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai fungsi dan jenis proxy server.

Apa Saja Fungsi Proxy Server ?

  • Masking

Salah satu fungsu proxy server yang peru anda ketahui adalah masking. Mungkin masih banyak sebagian orang yang belum mengetahui bahwa masking memiliki peran penting dalam mengakses internet. Dengan adanya masking pada proxy server akan menyembunyikan atau menutupi identitas penggunanya.

Secara tidak langsung alamat IP yang anda dunakan akan berubah otomatis oleh proxy server. Dengan begitu website yang anda tuju tidak dapat mengetahui alamat asli IP anda.

  • Caching

Fungsi proxi server berikutnya yang perlu anda ketahui adalah Caching. Cahching ini adalah sebuah penyimpanan sementara dari akses aktivitas internet anda. Websiter yang pernah anda kunjungi semuanya akan tersimpan. Sehingga ketika anda ingin mengunjungi atau mengakses informasi pada website tersebut tidak akan membutuhkan waktu yang lama.

  • Connection Sharing dan Flitering

Selain chacing, proxxy server juga dapat berfungsi sebagai Connection sharing dan flitering. Seperti yang sudah anda ketahui bahwa bahwa proxy ini dapat menghubungkan anda ke banyak server. Adanya connection sharing bisa memudahkan anda untuk mengakses internet hanya melalui satu jalur.

Dengan begitu anda tidak perlu repot membuka jalur lainnya. Sementara itu, flitering ini bisa dikatakan sebagai penyaring informasi. Dengan kata lain seluruh data yang telah di dapatkan melalui internet, semuanya akan di saring terlebih dahulu. Sebab penyaringan tersebut bertujuan untuk mencegah adanya virus yang masuk.

Apa Saja Jenis Proxy Server ?

Anonymous Proxy

Salah satu jenis proxy server yang perlu anda ketahui adalah Anonymous proxy. Jenis server yang ssatu ini mungkin sudah sangat populer dan banyak digunakan oleh semua orang. Menariknya lagi Anonymous Proxy juga dapat mengidentifikasi diri, sehingga hal tersebut akan membantu anda untuk memperkuat sistem kemanan agar tercegah dari peratasan.

Secara tidak langsung dengan menggunakan Anonymous Proxy website anda dari hal-hal yang dapat merugikan.

SSL Proxy

Selain Anonymous Proxy ada juga jenis proxy server lainya yaitu SSL Proxy. Jenis proxy server yang satu ini biasanya sering dikenal dengan HTTPS Proxy. Tidak hanya itu saja, proxy tersebut juga menyediakan dukungan Secure Socket Layer kepada koneksi yang sudah terjalin antara web server dan para penggunanya.

Terlebih lagi kelebihannya yang bisa membuat website yang dituju tidak bisa mendeteksinya. Sehingga semua keamanan data akan terjamin selama proses pertukaran data.

Rotating Proxy

Pada dasarnya banyak pengguna internet menggunakan proxy server demi kemanan situs maupun website. Rotating Proxy adalah salah satu jenis proxy yang banyak digunakan oleh para penggunanya.

Yang mana Rotating Proxy dapat pengguaan Rotating Proxy bertujuan untuk menyembunyikan alamat IP penggunanya. Maka tidak heran jika menggunakan proxy tersebut membuat alamat IP serta data anda sulit untuk diketahui.

Itulah pembahasan artikel diatas mengenai fungsi dan jenis proxy server. Dapatkan informasi penting lainnya hanya di Ashefanews.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *