Hal yang Harus Diketahui dari Knee Replacement

Knee replacement adalah operasi penggantian lutut yang merupakan prosedur medis. Prosedur medis penggantian lutut hanya bisa dilakukan oleh dokter ortopedi. Caranya adalah dengan mengganti sendi lutut yang telah rusak dengan sendi lutut buatan atau protestik.

Apa saja hal yang harus diketahui dari knee replacement?

Knee replacement berkaitan dengan dengan operasi TKR, sebab tujuannya adalah untuk menghilangkan nyeri. Knee replacement juga bisa mengembalikan fungsi dari sendi lutut. Pasien yang telah menerima operasi penggantian lutut, adalah pasien yang bisa memakai lututnya seperti biasa.

Seperti pada umumnya, sendi lutut bisa mengalami kerusakan akibat cedera atau peradangan. Sendi lutut yang rusak tentu akan menyebabkan timbulnya nyeri pada lutut ketika beraktivitas. Sebelum anda menjalani operasi penggantian lutut, anda tentu akan menjalani pengobatan dan bedah terlebih dahulu.

Pengobatan non bedah adalah pemberian obat-obatan ataupun pemberian alat penyangga. Pengobatan bedah bisa membantu pasien beraktivitas menggunakan lututnya. Namun, bisa saja metode pengobatan yang bedah telah tidak efektif meredakan nyeri dan meringankan keluhan.

Jika pengobatan non bedah sudah tidak efektif, maka pasien bisa menjalani operasi penggantian lutut. Dokter ortopedi akan menginformasikan kepada pasien kapan akan menjalani prosedur yang satu ini. Adapun sendi lutut pasien yang telah rusak tentu akan diganti menggunakan sendi prostetik.

Sendi prostetik adalah sendi yang terbuat dari bahan logam. Melalui knee replacement, dokter akan mengganti ujung dari tulang paha, tulang kering, tulang betis dan tulang tempurung. Pasien yang menjalani prosedur penggantian lutut adalah pasien yang telah berusia lanjut.

Indikasi Knee Replacement

Terdapat penyebab umum seseorang harus menjalani operasi penggantian lutut, penyebabnya adalah radang sendi. Walaupun radang sendi banyak sekali jenisnya, dan jenis radang sendi seringkali menyebabkan seseorang harus menjalani operasi penggantian lutut diantaranya sebagai berikut.

  • Rheimatoid artritis biasanya terjadi ketika sendi lutut seseorang mengalami radang kronis akibat penyakit autoimun. Seseorang yang telah mendapat penyakit autoimun dan mengalami radang kronis tentu akan menyebabkan lututnya menjadi sulit untuk berfungsi.
  • Terdapat juga osteoartritis yang merupakan kondisi seseorang mengalami peradangan. Kondisi osteoartritis juga diakibatkan oleh penambahan usia, kebanyakan dialami oleh para lansia. Walau pada beberapa kasus terjadi juga di usia muda.
  • Terdapat juga arthritis pasca trauma, yang merupakan radang sendi cedera serius pada sendi lutut.

Terdapat beberapa sebab mengapa penderita radang sendi lutut akan sulit melakukan aktivitas yang mengandalkan lutut. Sebab, jika arthritis telah terjadi dan cukup parah, maka nyeri lutut akan tetap terasa walau pasien tidak menggunakan lutut tersebut.

Sebelum pasien tersebut direkomendasikan oleh dokter untuk menjalani operasi penggantian lutut atau operasi TKR. Maka pasien akan direkomendasikan obat-obatan untuk menjalani pengobatan tanpa operasi. Pengobatan tanpa operasi tersebut misalnya melalui pemberian obat-obatan seperti obat inflamasi non steroid.

Penanganan Pasca Knee Replacement

Terdapat beberapa penanganan yang dilakukan pada seseorang sebelum melakukan operasi penggantian sendi lutut. Biasanya dokter akan menyarankan obat-obatan kortikosteroid juga pasien bisa menjalani prosedur penanganan lainnya.

Prosedur penanganan lainnya adalah prosedur fisioterapi, yang merupakan penggunaan alat bantu untuk berjalan dan melakukan aktivitas seperti tongkat atau alat penyangga. Pasien juga akan menjalani diet untuk menurunkan berat badan utamanya pada penderita artritis.

Pada kondisi fisioterapi, pasien harus membatasi aktivitas fisik utamanya yang mengandalkan lutut atau kaki. Apabila pengobatan tersebut telah tidak efektif meredakan nyeri lutut akibat radang sendi, maka dokter akan menyarankan dan merekomendasikan pasien menjalani operasi penggantian.

 

Knee replacement adalah operasi penggantian lutut yang merupakan prosedur medis. Prosedur medis penggantian lutut hanya bisa dilakukan oleh dokter ortopedi. Caranya adalah dengan mengganti sendi lutut yang telah rusak dengan sendi lutut buatan atau protestik. Apa saja hal yang harus diketahui dari knee replacement? Knee replacement berkaitan dengan dengan operasi TKR, sebab tujuannya adalah untuk…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.