Jenis Serta Kegunaan Turnbuckle yang Perlu Anda Ketahui

Turnbuckle adalah alat yang digunakan untuk mendesain sling. Sling yang dimaksud adalah Wire Rope Sling, Rope Sling, Chain Sling, Webbing Sling, dan alat-alat lain yang memerlukan pengaturan yang tepat.

Nama lain dari Turnbuckle sendiri di Indonesia bisa disebut dengan Hard Needle dan ada juga yang menyebut dengan spanscrup. Nama-nama tersebut disebutkan tergantung pada wilayah di Indonesia atau panggilan akrab mereka sehari-hari.

Jika Anda ingin membeli Turnbuckle dengan kualitas produk merek ternama bisa Anda dapatkan di jual Turnbuckle Mega Jaya. Turnbuckle Powertec yang sudah diakui kualitasnya juga tersedia dalam berbagai tipe dan ukuran turnbuckle.

Karena Turnbuckle digunakan untuk mengembang, maka turnbuckle didesain dengan 2 mata di kanan dan kiri yang berfungsi untuk mengait objek lain agar dapat mengaturnya. Mata sendiri terbagi menjadi 3 bentuk mata diantaranya:

Eye – Lubang bundar

Hook – Kait / pengait berbentuk

Jaw – Berbentuk seperti ketapel yang memiliki kunci di ujungnya.

Apa Saja Jenis Mata Turnbuckle?

Seperti dijelaskan di atas, Turnbuckle memiliki tipe mata yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pelanggan atau pengguna. Jenis mata yang dimiliki Turnbuckle antara lain:

Secara umum fungsi turnbuckle juga bisa dilihat dari bentuk mata yang digunakan. Setidaknya ada 3 bentuk mata yang sering kita jumpai. Ketiganya adalah eye, hook, dan jaw.

  1. Eye

Turnbuckle dengan jenis mata ini memiliki bentuk bulat dengan lubang di tengahnya. Lubang ini digunakan untuk memasukkan sling. Fungsi turnbuckle yang satu ini lebih sering untuk kebutuhan permanen.

Misalnya seperti kail dan belenggu. Oleh karena itu, bentuk ujung Turnbuckle jenis ini seperti lubang pada mata jarum jahit namun dengan ukuran yang lebih besar. Cara menggunakan turnbuckle jenis ini adalah tali yang memiliki ujung berbentuk shackle yang menempel pada setiap ujung turnbuckle. Pastikan belenggu terpasang dengan benar ke turnbuckle.

  1. Hook

Turnbuckle adalah alat yang dapat digunakan untuk keperluan permanen maupun tidak permanen. Untuk tujuan non-permanen, hook turnbuckle adalah salah satunya. Turnbuckles dengan kait memiliki bentuk seperti kait di ujungnya. Dengan ukuran turnbuckle yang berbeda, hal ini akan berdampak pada kekuatan yang dimiliki.

  1. Jaw

Jenis turnbuckle ini memiliki fungsi yang mirip dengan jenis turnbuckle hook. Jaw turnbuckle dibuat untuk tujuan tidak permanen. Bentuknya sendiri mirip dengan ketapel dengan kunci di mulutnya. Tipe ini juga lebih aman dan tersedia dalam berbagai ukuran turnbuckle.

Eye, hook dan jaw adalah jenis mata turnbuckle yang umum digunakan di industri berat. Namun, turnbuckle adalah alat yang dibuat untuk mengakomodasi kebutuhan berbagai industri. Untuk itulah, produsen turnbuckle seperti Mega Jaya menghadirkannya dengan berbagai kombinasi mata.

Ukuran turnbuckle sendiri cukup beragam. Sebagai salah satu pemain besar di industri lifting, Mega jaya memiliki beberapa varian ukuran turnbuckle yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda. Tersedia beberapa varian ukuran antara lain 6 mm, 8 mm, 10 mm hingga 38 mm.

Kegunaan turnbuckle dan aplikasinya di lapangan antara lain:

  • Pemasangan pada struktur bangunan
  • Pemasangan pada struktur jembatan
  • Membuat pagar di taman
  • Pengaturan kabel yang fleksibel dalam sistem kontrol penerbangan
  • Digunakan untuk aplikasi Rigging dan Lashing
  • Menyesuaikan ketegangan Ring Tinju (Di setiap sudut ring)
  • Mengatur salah satu struktur di Panggung
  • Pemasangan pada pipa
  • Pemasangan Tiang Listrik Radio komunikasi.

Turnbuckle adalah alat yang digunakan untuk mendesain sling. Sling yang dimaksud adalah Wire Rope Sling, Rope Sling, Chain Sling, Webbing Sling, dan alat-alat lain yang memerlukan pengaturan yang tepat. Nama lain dari Turnbuckle sendiri di Indonesia bisa disebut dengan Hard Needle dan ada juga yang menyebut dengan spanscrup. Nama-nama tersebut disebutkan tergantung pada wilayah di…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.