Makanan Bergizi Bantu Tingkatkan Kesehatan Mental di Masa Covid-19

Ahli nutrisi dari Institut Pertanian Bogor Rimbawan mengingatkan ada hubungan besar antara mengkonsumsi makanan bergizi dengan kesehatan mental. Menurutnya, salah satu faktor yang sangat berperan untuk meningkatkan kesehatan mental seseorang di masa pandemi Covid-19 adalah mengkonsumsi makanan yang bergizi. “Sebanyak 60 persen makan lebih banyak makanan bergizi dapat meningkatkan kesehatan mental,” ujarnya dalam konferensi pers virtual bertajuk Nutrition Talk ‘Asia Pacific Health Inertia Survey 2021 oleh Herbalife di Jakarta, Selasa 9 November 2021.

Asia Pacific Health Inertia Survey 2021 diselenggarakan pada bulan Juli dan Agustus 2021 di 11 negara Asia Pasifik di antaranya Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Survei ini juga diikuti oleh 5.496 konsumen Herbalife Nutrition yang berusia diatas 18 tahun.

Survei tersebut mengungkap, 63 persen konsumen di Indonesia mengatakan kesehatan fisik mereka saat ini kurang ideal, dan ketika ditanya tentang kondisi kesehatan mental 60 persen responden juga merasa kurang ideal. Sementara itu, ketika ditanya tentang rencana mereka untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat dan aktif dalam 12 bulan ke depan, sebagian besar konsumen di Indonesia atau 99 persen mengatakan bahwa mereka berencana untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat, sementara 90 persen juga berencana untuk lebih sering berolahraga.

Selain itu, sekitar 66 persen lebih banyak dan ruang pribadi penting untuk menjaga kesehatan jiwa dan 59 persen menerapkan rutinitas baru dengan istirahat di antara aktivitas sehari-hari dapat meningkatkan kesehatan mental.

Ada beberapa alasan utama penurunan fisik yakni 69 persen kurang aktivitas fisik, 42 persen mengonsumsi makanan yang tidak sehat, dan 31 persen berpotensi terpapar virus dan bakteri.

Sejumlah faktor yang berperan dalam peningkatan kesehatan fisik yakni 79 persen mengonsumsi makanan yang lebih sehat, 76 persen pengaruh positif dan keluarga, serta teman-teman untuk meningkatkan kesehatan fisik, dan 63 persen mengonsumsi suplemen kesehatan.

“Untuk makanan yang dapat meningkatkan kesehatan mental dengan konsumsi zat gizi tertentu seperti folat, magnesium, zat besi, seng, dan vitamin B6, B12 dan juga D,” kata Rimbawan yang juga Anggota Nutrition Advisory Board (NAB) atau Dewan Penasihat Nutrisi Herbalife Indonesia itu.

Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi mengatakan hasil survei ini ditujukan untuk mengkaji dampak pandemi terhadap kesehatan mental dan fisik konsumen di Asia Pasifik selama setahun terakhir, serta sikap dan perilaku mereka terhadap peningkatan kesejahteraan mereka. “Maka perlunya kesadaran tinggi terhadap peran penting dari berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat, serta dukungan lingkungan dan komunitas dalam mencapai kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan,” katanya pada kesempatan yang sama.

Ada hubungan besar antara mengkonsumsi makanan bergizi dengan kesehatan mental.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.