Manfaat Memilih Niche Market

Untuk bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dari bisnis, seorang marketer tentunya harus memiliki beragam cara yang dapat diterapkan, salah satu caranya yaitu dengan menentukan niche market. Pada umumnya, strategi ini diterapkan oleh marketer karena sekarang ini telah banyak industri atau pebisnis yang membuka bisnisnya masing-masing.

Niche market adalah kelompok pelanggan potensial yang lebih kecil dan mempunyai ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan pasar yang lebih besar. Niche market atau ceruk pasar ini biasanya menjadi ‘ladang emas tersembunyi’ bagi para pelaku usaha, sehingga banyak pelaku usaha yang memilih berfokus pada niche market.

Berikut Manfaat Memilih Niche Market:

Supaya lebih mudah memahaminya maka kali ini kita akan membahas manfaat memilih niche market antara lain yaitu :

  • Berkurangnya Persaingan Bisnis

Apabila anda telah menentukan target pasar, secara otomatis persaingan bisnis pun akan semakin berkurang dikarenakan memang belum banyak kompetitor yang mempunyai target pasar seperti yang telah anda tentukan.

Tetapi, kondisi ini hanya berlangsung sebentar saja. Nantinya pasti akan muncul kompetitor lain yang juga ikut menentukan pilihan target pasar yang sama dengan anda. Oleh sebab itu, anda harus benar-benar mempersiapkan diri dalam melakukan strategi lanjutan agar tidak kalah bersaing dengan competitor lain.

  • Mudah Dikenali Konsumen

Bisnis yang bergerak dengan niche market tertentu otomatis akan lebih mudah dikenal oleh banyak orang. Mengapa begitu? karena, jumlah kompetitormu memang terbilang sangat sedikit. Berbeda halnya jika jumlah kompetitornya banyak.

Dikarenakan jumlah kompetitor yang sangat sedikit, maka secara otomatis bisnis anda pun akan lebih mudah dikenali oleh para konsumen. Kondisi ini tentu berbeda apabila terdapat banyak kompetitor yang dapat membuat brand anda sulit dikenali.

Saat produk anda telah dikenal banyak konsumen, kemungkinan besar mereka akan menyarankannya pada orang lain. Artinya, nama perusahaan anda semakin lama akan semakin menyebar luas berkat rekomendasi itu.

  • Berpotensi Menerima Bayaran lebih Besar

Saat bisnis telah dikenal banyak orang, potensi pembelian dari berbagai penjuru bisa naik. Artinya, pemasukan perusahaan pun juga akan ikut bertambah besar, apalagi bila anda terus meningkatkan kualitas dan pelayanan dalam perusahaan. Maka kemungkinan, pertumbuhan bisnis anda akan berlangsung begitu cepat karena bayaran yang semakin meningkat.

  • Bisa Lebih Fokus Menjalankan Bisnis

Anda bisa lebih memfokuskan diri dalam menjalankan bisnis anda, sebab telah ada target pasar dan konsumen yang jelas untuk dihadapi. Kemudian, Anda hanya perlu meningkatkan kualitas produk dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih maksimal. hasilnya, pelanggan pun akan merasa puas berbelanja di toko Anda.

  • Tidak Terlalu Menarik Perhatian Pesaing Besar

Berfokus pada niche market juga dapat membuat pelaku usaha kecil tidak terlalu diperhatikan atau dianggap mengancam oleh kompetitor besar. Kompetitor besar yang dimaksud di sini contohnya perusahaan berskala nasional atau multinasional.

Kelompok konsumen pada niche market memang cenderung tidak begitu diperhatikan secara khusus oleh kompetitora besar sebab mereka mempunyai pasar yang sangat luas dan harus memenuhi kebutuhan pasar tersebut.

  • Pijakan ke Pasar yang lebih Besar

Meskipun demikian, bukan berarti pelaku usaha kecil harus terus-menerus fokus pada niche marketnya saja. Pelaku usaha kecil juga dapat mengembangkan usaha lebih besar, dengan niche market sebagai pijakan pertamanya. Apabila pelaku usaha telah menguasai niche market, maka itu akan memudahkani mereka dalam memasuki pasar yang cakupannya lebih besar.

Itulah beberapa manfaat memilih Niche Market, semoga artikel ini bermanfaat ya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *