Mengenal Gigi Gingsul Beserta Penyebabnya

Gigi gingsul merupakan kondisi yang tidak merata atau menumpuk. Memang kondisi seperti itu tidak dialami oleh semua orang, akan tetapi penderitanya pasti akan merasa terganggu. Ada juga yang membiarkan gigi gingsul begitu saja dan ada juga yang merapikannya. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak dibawah ini mengenai apa itu gigi gingsul beserta penyebabnya.

Apa Itu Gigi Gingsul?

Pertumbuhan gigi taring yang pertumbuhannya terlambat disebut dengan gigi gingsul. Kondisi sepeti ini biasanya dapat menimbulkan overcrowding. Pada umumnya setelah gigi susu lepas biasanya gigi taring akan tumbuh langsung. Gigi gingsul terjadi karena pertumbuhan gigi yang lambat sehingga diambil alih tempatnya oleh gigi lain.

Kondisi seperti ini yang nantinya akan membuat gigi seperti tumbuh maju ke luar. Tidak hanya itu saja, hal ini juga dapat menyebabkan bau mulut. Parahnya lagi bisa membuat kerusakan pada gigi sehingga pertumbuhannya tidak sempurna.

Penyebab Gigi Gingsul

Faktor Genetik

Salah satu penyebab gigi gingsul adalah faktor genetik. Memang faktor genetik sangat mempengaruhi karena kondisi tersebut memang diturunkan dalam keluarga. Maka anda jangan heran apabila salah satu keluarga anda memiliki gigi gingsul, hal serupa juga bisa terjadi kepada anak anda karena diwarisi dari keluarga.

Namun anda tidak perlu khawatir, sebab faktor genetik ini tidak akan terlalu berpengaruh jika anda merawat kesehatan gigi dengan baik. Misalnya rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan dengan mengunjungi klinik gigi terdekat dirumah anda.

Gangguan Gigi dan Rahang

Penyebab gigi gingsul berikutnya adalah gangguan gigi dan rahang. Normalnya gigi taring biasanya pertumbuhannya lebih cepat dari gigi tunggal. Bisa saja gangguan pada gigi disebabkan oleh benturan keras sehingga gigi mengalami trauma. Hal ini nantinya yang akan membuat gigi susu kehilangan ruang untuk pertumbuhan gigi.

Gangguan gigi dan rahang dapat membuat pertumbuhan gigi tumpang tindih dan pertumbuhannya menjadi tidak merata. Kondisi sepeti itu yang akan menyebabkan gigi taring mengalami pertumbuhan yang tidak normal karena tumbuh keluar gusi.

Riwayat Masalah Kesehatan Gigi dan Mulut

Pada dasarnya setiap orang memang dianjurkan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut. Akan tetapi banyak yang mengentengkannya karena tidak dapat menyebabkan masalah yang serius. Perlu anda ketahui bahwa rutin melakukan perawatan gigi dapat mengurangi resiko munculnya gigi gingsul. Kondisi gigi yang sehat tentunya dapat membuat anda merasa lebih nyaman.

Kebersihan Gigi Kurang Terjaga

Kebersihan gigi menjadi faktor utama yang bisa menyebabkan berbagai permasalahan pada gigi. Maka tidak heran jika anda jarang menjaga kebersihan gigi dan sering mengalami gangguan pada gigi. Oleh sebab itu anda harus rutin membersihkannya dengan menyikat gigi secara rutin sebanyak 2 – 3 kali sehari, baik pagi hari, setelah makan dan sebelum tidur malam.

Selain itu untuk mencegah terjadinya gigi gingsul anda harus melakukan pemeriksaan secara rutin. Anda bisa bisa mendatangi Klinik Gigi PUTIH Dental dan berkonsultasi kepada dokter yang ahli pada bidangnya. Dengan begitu anda akan mendapatkan perawatan dan penangan yang tepat dari layanan PUTIH Dental. Bahkan anda akan merasa lebih percaya diri untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Sekian ulasan yang dapat dibahas dalam artikel ini mengenai gigi gingsul beserta penyebabnya. Bagi  anda yang ingin melakukan perawatan dengan baik dan benar, maka anda bisa mengunjungi Dental Klinik Gigi Pantai Indah Kapuk atau juga bisa mengunjungi Dental Klinik Gigi Puri Kembangan. Klinik tersebut telah berdiri sejak lama dan terbukti memberikan pelayanan terbaik untuk pasiennya.

 

Gigi gingsul merupakan kondisi yang tidak merata atau menumpuk. Memang kondisi seperti itu tidak dialami oleh semua orang, akan tetapi penderitanya pasti akan merasa terganggu. Ada juga yang membiarkan gigi gingsul begitu saja dan ada juga yang merapikannya. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak dibawah ini mengenai apa itu gigi gingsul beserta penyebabnya. Apa Itu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *