PPKM Level 4 Batasi Makan 20 Menit, Berapa Durasi Makan yang Ideal?

Menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 4 di berbagai daerah, pemerintah pusat menginstruksikan agar orang-orang yang makan di tempat untuk menghabiskannya dalam waktu 20 menit.

Banyak orang merespon baik terhadap kebijakan itu karena menandakan roda ekonomi kembali bergerak. Namun, banyak juga yang berkomentar durasi makan 20 menit terlalu singkat untuk makan. Selain itu, tidak semua orang dapat melahap makanannya dengan cepat.

Sebenarnya, berapa lama durasi optimal yang dibutuhkan untuk makan?

“Durasi yang pas untuk makan adalah lebih dari 20 menit, idealnya adalah 30 menit,” ucap seorang psikolog bernama Leslie Heinberg dikutip dari Cleveland Clinic. Seseorang yang makan dengan cepat dapat menghabiskan kurang dari 20 menit untuk makan.

Peneliti dari universitas di Jepang melakukan penelitian terhadap 59.717 orang dengan diabetes tipe 2. Penelitian ini menunjukkan orang-orang yang makan dengan lambat mempunyai risiko obesitas yang lebih kecil. Risiko obesitas naik seiring dengan kecepatan makan seseorang.

Faktanya, makan dengan lambat mempengaruhi indeks massa tubuh. Penelitian menunjukkan lambatnya makan dapat mempengaruhi tingkat kekenyangan. Makan dengan lambat dapat membantu seseorang untuk mengingat jumlah makanan yang dikonsumsi.

Menurut Very Well FIt, makan dengan lambat memberikan perut waktu untuk memproses makanan. Hal ini dapat meningkatkan sistem pencernaan. Gangguan pencernaan lebih rawan terjadi jika seseorang menghabiskan kurang dari 20 menit untuk makan.

Tubuh membutuhkan waktu 20 menit untuk memproduksi hormon yang memberitahu otak bahwa perut sudah kenyang. Makan makanan dengan lambat dapat memberikan waktu bagi tubuh untuk merasa kenyang dan puas. Hal ini memberikan waktu yang cukup untuk seseorang sebelum mereka merasa kekenyangan.

Makan dengan lambat sebenarnya juga memberikan waktu seseorang untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan partner makannya. Waktu makan adalah waktu yang biasanya dimanfaatkan sekalian untuk berbagi cerita. Namun, di masa pandemi seperti ini, banyak orang yang menyarankan untuk membungkus makanan dari luar untuk dimakan di rumah ketimbang menghabiskan waktu terlalu lama di luar.

DINA OKTAFERIA

Menyikapi aturan pemerintah yang hanya memberikan waktu 20 menit untuk makan di tempat, ini adalah durasi yang ideal bagi seseorang untuk makan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.