Tanda Gejala Dehidrasi, ini Pertolongan Pertama Korban Kurang Cairan

Dehidrasi merupakan kondisi tubuh yang kehilangan lebih banyak banyak cairan sehingga keseimbangan zat garam dan gula menjadi terganggu. Inilah yang menyebabkan seluruh organ tubuh tidak bisa berfungsi secara optimal.

Perlu diingat bahwa kandungan air dalam tubuh manusia yang baik itu adalah lebih dari 60 persen total berat badan. Kandungan air yang normal di dalam tubuh berguna untuk membantu kerja sistem pencernaan, mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh, menjadi pelumas jaringan-jaringan pada telinga, tenggorokan, dan juga hidung, dan yang terakhir berperan sebagai media transportasi bagi nutrisi tubuh agar kondisi fisik bisa tetap sehat.

Dehidrasi sering dianggap masalah yang ringan serta tidak perlu ditangani secara serius. Kebanyakan mereka yang menganggap hal ini adalah para anak-anak dan remaja. Jika memang gejala awal dehidrasi tidak dapat ditangani dengan serius, maka akan mengganggu fungsi tubuh.

Berikut beberapa tanda mengenai awal dari gejala dehidrasi dari berbagai sumber yaitu:

1. Mulut dan kulit kering.

2. Kelelahan.

3. Merasa haus dan pusing

4. Jarang buang air kecil.

5. Urine berwarna kekuningan dan baunya terasa lebih kuat.

Pertolongan pertama untuk korban dehidrasi adalah dengan mengganti cairan serta mineral yang hilang dalam tubuh dengan cara minum banyak air serta jus buah yang encer. Minuman manis dapat membantu menggantikan kandungan gula yang hilang sehingga itu sangat ampuh untuk menghindari adanya dehidrasi.

PRIMANDA ANDI AKBAR

Lakukan pertolongan kepada korban dehidrasi dengan mengetahui gejala awal sesorang kurang cairan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.