Tips Agar Tak Kelewatan Vaksin Dosis Kedua

Vaksinasi Covid-19 digencarkan untuk menciptakan kekebalan kelompok atau disebut herd immunity. Suntikan vaksin diberikan dalam dua dosis dengan rentang waktu tertentu. Berbeda jenis vaksin, berbeda pula rentang waktu antara suntikan dosis pertama dan kedua.

Kehidupan yang sibuk tak jarang membuat Anda melupakan atau melewatkan sesuatu. Termasuk juga dalam vaksinasi. Anda dapat mencoba melakukan beberapa tips dari Cleveland Clinic berikut guna memastikan bahwa Anda tak akan melewatkan vaksin dosis kedua.

1. Kosongkan Jadwal

Pastikan jadwal Anda pada saat vaksinasi kedua itu kosong, ada waktu luang. Periksa kembali apakah tak ada tumpang tindih antara vaksinasi dengan perjalanan kerja, liburan, atau apa pun yang akan menghalangi untuk mendapatkan suntikan vaksin. Apabila memungkinkan, usahakan prioritas vaksin di atas segalanya.

2. Pastikan Jadwal Dosis Kedua Secepatnya

Apabila Anda terlambat mendapatkan jadwal vaksinasi kedua di tempat vaksinasi pertama, Anda dapat beralih ke fasilitas kesehatan lain.

Center for Disease and Prevention menyebutkan, tidak masalah jika mendapatkan suntikan kedua di lokasi yang berbeda dari suntikan pertama. Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda mendapatkan jenis vaksin yang sama untuk kedua dosis.

3. Setel Pengingat

Terkadang, lupa adalah sumber banyak masalah. Anda dapat menyetel pengingat untuk terhindar dari terlewatnya vaksinasi dosis kedua. Anda dapat menggunakan email atau pengingat kalender online untuk mengirimi Anda peringatan jadwal vaksinasi. Selain itu, Anda juga dapat sering mengatur pengingat di gawai Anda. Tuliskan tanggal dan waktu dengan jelas dan sesuai.

ANNISA FEBIOLA

Berikut ini beberapa tips dari Cleveland Clinic guna memastikan bahwa Anda tak akan melewatkan vaksin dosis kedua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.